Thursday, December 20, 2012

Di Belitung, Ahok pernah hajikan 100 orang


Di Belitung, Ahok pernah hajikan 100 orang

Reporter : Nurul JulaikahKamis, 20 Desember 2012 14:41:29



Saat menjabat menjadi Bupati Belitung Timur, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) pernah menaikkan haji 100 orang lebih. Ahok menaikkan warga Belitung itu pada tahun 2006.

"100 lebih dengan biaya Rp 20 juta sudah dapat jatah kursi. Waktu itu tahun 2006," kata Ahok yang saat ini menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta di Balai Kota Jakarta, Kamis (20/12).

Ide untuk menaikkan haji bagi orang tidak mampu ini akan kembali diterapkan di Jakarta. Mereka yang akan dipilih adalah muazin-muazin tidak mampu.

Ahok melihat, banyak muazin yang ingin pergi haji, tapi tidak mampu karena tidak punya uang. Karena itu, Pemprov DKI akan memberikan insentif tiap bulan dan menaikkan haji.

Dua hari lalu, Ahok sudah membahas masalah insentif ini dengan pejabat Bakesbangpol, Biro Binsos, dan Biro Pendidikan dan Mental Spiritual (Dikmental) Jakarta. "Pantas saja kalau muazin diberikan insentif. Karena setahu saya tugas mereka tidak hanya azan, tapi juga kadang ada yang bersihin masjid, ngepel, nimba air sumur buat wudu, itu semua muazin," kata Ahok saat menggelar rapat di Balai Kota seperti dikutip dari video Pemprov DKI yang diunggah di Youtube, Rabu (18/12).

Rencananya tidak hanya insentif, tapi juga diberangkatkan haji. "Impian mereka kan naik haji, kita hajikan," ujarnya.

Tapi, menurutnya tidak semua muazin di Jakarta diberikan insentif dan diberangkatkan haji. Nantinya, muazin-muazin di Jakarta akan diseleksi mana yang benar-benar membutuhkan bantuan dan tidak.

"Kasih daftar seluruh muazin, bukan masjidnya. Kalau tidak ada muazin, masjid enggak rapi. Bisa juga dipilih muazin yang pagi (Subuh). Muazin yang pensiunan (kerja) yang sudah tua. Tapi banyak juga muazin yang pensiunan kaya raya, ingin mendekatkan diri. Kalau itu enggak kita kasih (insentif)," kata Ahok.

Ahok juga memerintahkan kepada bawahannya untuk segera membukakan rekening Bank DKI bagi para muazin. Nantinya, insentif itu akan bisa ditransfer ke rekening langsung mereka. "Dibukakan rekening Bank DKI, kalau mau hajikan mereka, tinggal transfer saja," ujar Ahok.
http://www.merdeka.com/jakarta/di-belitung-ahok-pernah-hajikan-100-orang.html